Visi Misi

Visi Bupati dan wakil bupati terpilih periode 2016-2021 yang tertuang dalam rencana pembangunan jangka menengah daerah (RPJMD) adalah “TERWUJUDNYA MASYARAKAT INDRAMAYU YANG RELIGIUS, MAJU, MANDIRI DAN SEJAHTERA SERTA TERCIPTANYA KEUNGGULAN DAERAH”.

Berdasarkan rumusan tugas pokok dan fungsi Dinas Pendidikan yang tertuang dalam Peraturan Daerah Kabupaten Indramayu nomor 11 tahun 2005 tentang pembentukan Satuan Kerja Perangkat Daerah Kabupaten Indramayu,  juga visi Bupati terpilih periode 2016-2021 yang ditetapkan melalui Peraturan Daerah Kabupaten Indramayu Nomor 5 Tahun 2014 tentang Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah Tahun 2016-2021, serta hasil telaahan terhadap isu-isu aktual yang berkembang, maka Dinas Pendidikan Kabupaten Indramayu menetapkan visi sebagai berikut: “TERWUJUDNYA DINAS PENDIDIKAN KABUPATEN INDRAMAYU YANG MEMILIKI KEUNGGULAN KOMPARATIF, RELIGIUS, AMANAH, TAAT DAN INOVATIF”. Dengan penetapan rumusan visi tersebut, maka diharapkan penyelenggaraan layanan pendidikan dapat membentuk dan mencetak sumber daya manusia yang unggul dan mampu bersaing yang mampu mewujudkan perannya sebagai mahluk sosial yang adaptif dan transformatif yang mampu mengelola dirinya sendiri serta seluruh potensi yang terkandung di alam sekitarnya untuk dapat mewujudkan visi pemerintah daerah yaitu kabupaten termaju di Indonesia.

Visi Dinas Pendidikan Kabupaten Indramayu sebagaimana tersebut di atas mengandung arti dan maksud, sebagai berikut:

SDM yang Keunggulan

Masyarakat Indramayu diharapkan mampu memiliki keunggulan yang dimilikinya, untuk dapat membandingkan sumber daya manusia, fasilitas dan kekayaan lainnya dengan memanfaatkan segala keunggulan yang dimilikinya.

SDM yang Religius

Masyarakat Indramayu diharapkan mampu beraktualisasi diri melalui olah hati/qalbu untuk menumbuhkan dan memperkuat keimanan, ketaqwaan dan akhlak mulia termasuk budi pekerti luhur dan kepribadian unggul.

SDM yang Amanah

Masyarakat Indramayu yang mampu membangun unsur-unsur penting dalam pendidikan yang satu dengan yang lainnya saling terkait, bersinergi dan tidak terlepas, yang berupa kognitif, psikomotorik, afektif, dan intuitif.

SDM yang Taat

Tercipta dan terbentuk masyarakat Indramayu melalui proses yang menunjukan nilai-nilai ketaatan, ketertiban, dan kesadaran dalam diri sendiri akan pentingnya kedisiplinan.

SDM yang Inovatif

Masyarakat Indramayu diharapkan mampu membangun pembaharuan yang bertujuan memberikan nilai lebih pada suatu produk dengan ide baru yang berbeda dengan produk lainnya.

 

  1. Misi

Misi bupati dan wakil bupati terpilih periode 2016-2021 yang tertuang dalam rencana pembangunan jangka menengah daerah (RPJMD) adalah (1) Meningkatkan Kualitas Sumber Daya Manusia Berbasis Ajaran Agama, Ilmu Pengetahuan, Teknologi (IPTEK) dan Budaya Lokal; (2) Meningkatkan Kemakmuran Masyarakat Melalui Penguatan Lembaga Ekonomi Kerakyatan Serta Keserasian Industri dan Pertanian; (3) Mengembangkan Infra Struktur Wilayah Dan Pengelolaan Lingkungan Secara Selaras, Lestari dan Optimal; (4) Meningkatkan Peran Masyarakat Dalam Mewujudkan Keunggulan Daerah Yang Berbasis Kearifan Lokal; (5) Mengembangkan Reformasi Birokrasi, Dengan Mewujudkan Pemerintahan Yang Bersih, Profesional dan Mengayomi Rakyat; (6) Menguatkan Peran Pemerintah Desa Dalam Pemberdayaan Masyarakat; dan (7) Meningkatkan Pendapatan Asli Daerah.

Untuk dapat mewujudkan misi Bupati dan wakil Bupati Indramayu  sebagaimana rumusan di atas, maka Dinas Pendidikan Kabupaten Indramayu menetapkan misi sebagai berikut:

  1. Menyediakan layanan pendidikan yang merata dan terjangkau
  2. Meningkatkan profesionalitas dan akuntabilitas penyelenggaraan dan pengelolaan pendidikan
  3. Menyiapkan pemimpin pendidikan yang bermoral dan profesional;
  4. Membangun jaringan kerja perbaikan pendidikan multikultural yang agamis;
  5. Membangun dan mengembangkan sistem informasi pendidikan;